Rabu, 16 Januari 2013

Karangan tentang Disiplin Di Sekolah ku

Hai guys! Cuma mau pamer aja nih hasil karangan ku. Waktu itu ada tugas Bahasa Indonesia suruh bikin karangan tentang sekolah. Daripada copypaste mending ngarang sendiri deh. Cukup singkat waktu yang dibutuhkan buat bikin karangan ini. Kalo agak aneh harap dimaklumi yaaaaaa:)) Kalo ada yang dikasih tugas gini, copy punya aku gapapa kok asal sesuai sama kenyataannya aja kalo sekolah kalian pada bener-bener disiplin hehe. Tinggal ganti nama sekolahnya :)


Disiplin

Sekolah merupakan tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Belajar mengajar tidak hanya dimaknai sebagai kegiatan transfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa. Berbagai kegiatan seperti bagaimana membiasakan seluruh warga sekolah disiplin dan patuh terhadap peraturan yang berlaku disekolah, saling menghormati, membiasakan hidup bersih dan sehat serta memiliki semangat berkompetisi secara fair dan sejenisnya merupakan kebiasaan yang harus ditumbuhkan di lingkungan sekolah sehari-hari.

Salah satu kultur sekolah kami yang akan saya bahas disini adalah tentang kedisiplinan. Disiplin itu sendiri adalah kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang untuk tunduk pada keputusan, perintah atau peraturan yang berlaku. Disiplin bukan hanya suatu ucapan, melainkan disiplin itu dibuktikan dengan perilaku yang menunjukan bahwa orang tersebut disiplin.

SMA Negeri 3 Cilacap memang sekolah yang diidolakan oleh siswa-siswa SMP, khususnya mereka yang akan berganti seragam dari putih biru menjadi putih abu-abu. Mungkin mereka yang belum terikat atau bahkan tidak terikat sebagai warga SMA Negeri 3 Cilacap akan berfikir bahwa sekolah ini sangat membebaskan siswanya dalam bertindak dalam segala hal. Namun itu salah, bagaimana mungkin siswa dan guru akan disiplin jika tidak ada aturan yang membatasi tindakan mereka. Sekolah ini tidak sebebas yang mereka bayangkan, karena setiap siswa dan guru diikat oleh sebuah aturan dan akan mendapat sanksi jika melanggar aturan tersebut.

Disiplin memang mudah untuk diucapkan. Tetapi bagi beberapa siswa dan guru sikap disiplin sangat sulit untuk diwujudkan. Kedisiplinan sangat penting untuk sekolah ini dan pastinya bukan hanya sekolah ini saja tetapi sekolah-sekolah lain pasti juga amat sangat menjunjung tinggi nilai kedisiplinan.

Disiplin ada karena beberapa aturan. Aturan disekolah ini bukanlah aturan yang mudah untuk diacuhkan, melainkan aturan yang sangat perlu dilaksanakan dan tidak untuk dilanggar. Karena setiap yang melanggar akan mendapat sanksi. Jika sekolah ini tidak memiliki aturan yang mengikat, maka sikap kedisiplinan sisa dan guru tidak akan terwujudkan. Dan akan menyebabkan kegiatan sekolah yang sangat berantakan.

Di SMA Negeri 3 Cilacap bukan hanya siswa yang dituntut untuk disiplin. Semua guru juga dituntut untuk disiplin dalam segala hal. Karena bagaimanapun seorang guru merupakan cermin bagi anak didiknya dalam sikap atau teladan, dan sikap disiplin guru akan memberikan warna terhadap hasil pendidikan yang jauh lebih baik.

SMA Negeri 3 Cilacap merupakan salah satu sekolah yang unggul karena kedisiplinan yang selalu dilaksanakan oleh siswa dan gurunya. Terbukti SMA Negeri 3 Cilacap  pernah menjuarai kegiatan lomba sekolah hijau atau lebih dikenal dengan istilah Green School. Semua itu terwujud karena kedisiplinan terhadap lingkungan yang diwujudkan oleh siswa dan guru untuk menjaga dan merawat lingkungan sekolah.

SMA Negeri 3 Cilacap sangat terkenal kedisiplinannya. Berikut adalah beberapa sikap disiplin yang dapat diwujudkan oleh siswa dan guru di sekolah ini. Yang pertama adalah disiplin dalam menggunakan waktu. Hal ini dibuktikan oleh seluruh siswa yang berangkat sekolah atau berada di lingkungan sekolah sebelum jam tujuh pagi. Dan jika ada yang datang terlambat atau lebih dari jam yang ditentukan, maka akan diberi sanksi karena telah melanggar aturan. Begitupula dengan semua guru pendidik jika melanggar aturan akan diberi sanksi.

Selain disiplin dalam menggunakan waktu, siswa dan guru disekolah ini juga disiplin dalam beribadah. Karena kedisiplinan dalam beribadah sangat dibutuhkan. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan sholat duha yang dilaksanakan oleh siswa dan guru, saat bel istirahat pertama berbunyi maka siswa dan guru bergegas menuju masjid. Dan waktu istirahat kedua biasanya pukul 12.00 digunkan untuk sholat dhuhur berjmaah. Setiap pagi sebelum waktu pelajaran dimulai juga diadakan baca Al-Quran bersama bagi siswa dan guru yang beragama islam serta bagi siswa yang beragama selain islam, misalnya kristen ataupun katholik juga akan mendapat bimbingan kerohanian.

Sikap disiplin yang ketiga yang dapat diwujudkan oleh seluruh warga sekolah adalah disiplin sosial. Disiplin sosial yang telah terwujud dibuktikan dengan kegiatan sosial yang dilakukan oleh seluruh warga kepada masyarakat yang kurang mampu yang tinggal disekitar sekolah.

Yang ke empat adalah disiplin dalam belajar. Disiplin belajar adalah salah satu sikap disiplin yang terpenting bagi seluruh siswa SMA Negeri 3 Cilacap. Disiplin dalam belajar diwujudkan dengan kesuksesan siswa yang mengantar SMA Negeri 3 Cilacap menjadi salah satu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Bukan hanya itu siswa SMA Negeri 3 Cilacap juga unggul dalam nilai-nilai akademis maupun non akademis. Semua itu terwujud karena kedisiplinan siswa dalam belajar baik di sekolah saat KBM ataupun dirumah.

Namun semua kedisiplinan itu tidak akan terwujud tanpa adanya disiplin diri atau disiplin pribadi yang dimiliki oleh setiap individu. Tidak semua individu memiliki kedisiplinan diri. Jika individu tidak memiliki sikap disiplin maka akan diadakan pendisiplinan. Karena disiplin merupakan hal yang dapat dilatih. Pendisiplinan itu sendiri adalah usaha untuk menanamkan atau memaksa setiap individu agar memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan.

Pada dasarnya disiplin muncul dari kebiasaan hidup dan kehidupan belajar mengajar yang teratur serta mencintai dan menghargai pekerjaannya. Sebenarnya masih banyak sikap disiplin yang diwujudkan oleh siswa dan guru SMA Negeri 3 Cilacap. Namun hanya disiplin lingkungan, disiplin waktu, disiplin beribadah, disiplin belajar serta disiplin sosial yang dapat saya uraikan disini. Semoga karangan ini dapat menjadi sebuah karangan yang menggambarkan tentng kedisiplinan yang ada di SMA Negeri 3 Cilacap.

8 komentar:

  1. thank you ya dessy, bermanfaat banget lohh :)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. terima kasih kembali for visiting my blog hehe :))

      Hapus
  3. hallo desy, blognya keren dan bermanfaat buat aku. makasih ya!! ^_^

    BalasHapus
  4. Thank's ya kak.
    Berkat kakak, tugas aku jd cepet selesai.
    Kita sama2 orang cilacap :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama de :) Btw cilacapnya mana?

      Hapus